Tuesday, March 22, 2011

Process Explorer: Basmi Virus Tanpa Antivirus


Pernah dibikin jengkel sama virus? Kecolongan buka aplikasi gak dikenal? Padahal udah pake antivirus tapi gak kedetek? Ato malah emang gak pake antivirus? Udah ketauan itu virus tapi gak mau didelete? Muncul pesan error gara2 lagi dipake sama windows? Kalo Anda menjawab, “YA!” berarti Anda WAJIB coba aplikasi ini. Apalagi software ini gratis..

Aplikasi ini namanya Process Explorer, buatan Mark Russinovich. Versi terbaru adalah 11.21. Cara kerja aplikasi ini adalah memonitor proses apa saja yang sedang berlangsung di windows. Baik proses yang visible atau yang hidden. Nah, biasanya virus, trojan, keylogger, malware, dsb berjalan tanpa terlihat pada processes di Windows Task Manager. Nah, proses yang sedang berjalan itu bisa dibunuh alias kill process beserta anak-anaknya, atau menghentikan proses lain yang berhubungan dengan si virus atau malware yang bersangkutan. Lower pane ditampilkan melalui menu View > Show Lower Pane (Ctrl+L) dan mengganti pane view-nya dengan Handles (Ctrl+H) atau DLLs (Ctrl+D). Kalau ada yang mencurigakan, kill saja. Atau, kalo kurang yakin, cari di google.

Kalo berminat (HARUS), bisa mampir ke webnya. Homepagenya adalah sysinternals.com. Tetapi jika alamat ini dibuka, langsung redirect ke http://technet.microsoft.com/en-us/sysinternals/default.aspx. Keterangan tentang aplikasi ini bisa dilihat di sini (new window). Atau kalau mau langsung donlot, bisa klik di sini (left klik aja).

Selain itu, di homepage sysinternals tersebut, ada banyak aplikasi lain yang juga gak kalah tokcer. Ada banyak utilities yang patut dicoba. Lihat saja ‘Top 10 Downloads’nya. Ayo serbu!! Kuras semuanya!!!

No comments:

Post a Comment