Thursday, February 24, 2011

Tips service keyboard


Apakah kamu pernah mengalami hal seperti ini:
1. waktu kamu menyalakan komputer di tampilan bios ada keterangan " No Keyboard present " atau apalah yang intinya tuh keyboard gak di pasang atau gak kedeteksi ama komputer kamu, padahal keyboardmu itu dah nancep ke port PS/2 warna ungu seperti gambar di bawah ini, klo setelah kamu lihat kabel keyboardmu nancep ke port ps/2 yg warna hijau berarti kamu yg salah nancepinnya. Maka kamu lepas dan ganti tancepin colokan keyboard ke yang ungu, dan sebaliknya colokan mouse ke yang hijau.
Gambar Port PS/2 untuk mouse dan keyboard
Kemudian restart komputermu, bila setelah di restart tidak muncul lagi keterangan seperti di atas maka keyboardmu tidak bermasalah. Namun bila setelah di restart tetep saja muncul tampilan " No Keyboard present " padahal sudah kamu bawa dan tunjukin keyboardmu ke port PS/2 dan bilang " nih keyboardnya " tapi tetep muncul tampilan " No Keyboard present ", berarti ada masalah dengan keyboardmu, maka lanjut ke nomor 3.
2. Kamu lagi ngetik atau maen game, tiba2 keyboardmu gak respon kemudian kamu coba menekan tombol " caps lock " atau " Num Lock " untuk memastikan komputermu gak hang atau keyboardmu berfungsi, tapi waktu mouse kamu gerak2kan bisa. Maka yang harus kamu lakukan adalah menyimpan dulu ketikanmu atau game mu menggunakan mouse kemudian restart komputermu. bila setelah di restart tidak muncul lagi keterangan seperti di atas maka keyboardmu tidak bermasalah. Namun bila setelah di restart muncul tampilan seperti nomor 1 atau keyboardmu tetep saja gak respon waktu masuk windows atau untuk login, berarti ada masalah dengan keyboardmu, maka lanjut ke nomor 3.
3. Bila kamu membaca nomor ini berarti kamu gagal menerapkan cara2 di nomor 1 dan 2 atau memang mau belajar. Siapkan alat dan bahannya :
a. Solder dan timahnya
b. Gunting
c. Isolasi atau selotip
d. Kabel ektension atau sambungan USB harganya kisaran 3ribu ampe 5ribu, bisa seperti di bawah ini :
Gambar Kabel ektension USB
e. Colokan PS/2 ke USB yang biasanya kamu dapetin gratis waktu kamu beli mouse usb atau bisa kamu beli di toko komputer atau elektronik di dekat rumahmu atau kosanmu harganya kisaran 3ribu ampe 5ribu.
Gambar Colokan PS/2 ke USB
f. Obeng plus yang sesuai dengan sekrup keyboardmu.
g. AVO meter
h. Dan juga keyboard yang rusak tadi.
4. Balikkan keyboarmu kemudian buka bautnya satu persatu jangan sampai ada yg lupa. Angkat dan lepas dengan hati2 penutup bagian belakang keyboardmu, pisahkan ke tempat yang aman, buka dan angkat lapisan keyboard yang seperti plastik mika. Kemudian buka sekrup yang menepel di PCB atau papan rangkaian. Angkat PCB itu beserta kabelnya kemudian ukur dengan AVO meter sambungan antara kabel di PCB dengan Colokan PS/2 keyboard dengan terlebih dahulu memposisikan switch pada AVO di pengukuran ohm meter yang paling kecil. Tempelkan saalah satu kabel AVO ke kabel yang menempel di PCB dan kabel yang satunya lagi ke colokan keyboard seperti di bawah ini.
Gambar Kaki2 colokan PS/2 Keyboard
Bila waktu diukur ada kabel yang tidak nyambung dengan colokan keyboard berarti ada kabel yang putus, solusinya adalah potong kabel di bagian yang dekat dengan PCB dengan menyisakan 10cm dari PCB sebagai penanda bila lupa susunan kabelnya. Setelah di potong ukur lagi sisa kabel yg menempel di PCB, bila semuanya nyambung berarti yang putus tidak di daerah sisa kabel itu. Ukur juga sisa kabel yang msih nyambung dg colokan keyboard dengan terlebih dahulu mengelupas bagian pelindung kabel kemudian ukur lagi, nyambung atau tidak. Bila nyambung semua sambungkan lagi antara sisa kabel yg PCB dengan sisa kabel yg colokan biar lebih pasti solderlah sambungannya dan, agar antara sambungan tidak terjadi konsleting atau saling menyentuh maka gunakan isolasi. Bila waktu mengukur sambungan sisa kabel bagian colokan keyboard ada yg gak nyambung potong lagi kabel sisa sekitar 5-10 cm, bila tetep ada yg g nyambung lakukan pemotongan kabel sebanyak 2 atau 3 kali lagi, namun bila tetep saja ada yg gak nyambung maka itu berarti kabelnya memang sudah cukup parah putusnya dan lanjutkan ke nomor 5.
5. Di nomor ini adalah pamungkasnya bila sudah melakukan yang ada di nomor ini tetapi keyboard tetep saja gak bisa dipakai berarti kerusakan keyboard sudah parah atau ada kesalahan dalam penyambungan. Ini lagkah-langkahnya :
a. Siapkan kabel ektension USB kemudian potong pada bagian yang tidak akan dipakai kira2 15 cm, dan tancepkan kabel ektension itu ke colokan ps/2 to USB seperti gambar di bawah ini.
Gambar Colokan PS/2 ke USB dan kabel ektension USB
Dan ukur sambungannya dengan AVO antara kabel yang sudah dipotong dengan colokan ps/2 to USBnya dengan pedoman seperti berikut:
Gambar Kaki2 colokan PS/2 Keyboard
Tabel Susunan kabel keyboard
Tulisan di PCB keyboard
Nomor kaki colokan ps/2 to USB
Warna kabel USB type 1
Warna kabel USB type 2
C
6
Putih
Hijau
D
2
Oranye
Putih
V
3
Biru
Merah
G
4
Hijau
Hitam
kemudian sambungkan dan solder kabel USB dengan kabel sisa di PCB atau langsung ke PCB, kembalikan posisi seperti semula pasang semuanya dan rakit kembali keyboardnya, hasilnya seperti ini:
Catatan : tulisan di PCB keyboard tidak selalu ada, jadi sebagai patokannya adalah sesuai dengan warna kabel sisa di PCB. contoh kabel oranye harus nyambung dengan kaki 2 colokan PS/2.
Gambar keyboard rusak yang sudah di perbaiki
6. Selamat mencoba semoga berhasil dan bisa menghemat di jaman yang susah ini. Bila ada pertanyaan bisa menghubungi harry prasetyo di fb komunitas komputer, atau fb aku harry shigekuni

No comments:

Post a Comment